-->

Bacaan Doa Tata Cara Niat Puasa Sunnah Di Bulan Syawal

Bacaan Doa Tata Cara Niat Puasa Sunnah Di Bulan Syawal - puasa sunat syawal adalah salah satu keutamaan berpuasa yang di anjurkan oleh Rosulullah kepada kita agar kita sebagai umatnya senantiasa melaksanakannya, yakni melaksanakan puasa sunnah pada tanggal ke dua di bulan syawal setelah melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan dan hari ke dua sehabis merayakan hari lebaran idul fitri.

Dalam kesempatan artikel ini Insya Allah kami akan bahas mengenai Bacaan Doa, niat dan tata cara melaksanakan puasa sunat di bulan syawal, pertama kami akan menjawab pertanyaan yang bertanya seperti berikut : puasa syawal berapa hari?, untuk jawabannya mengenai pertanyaan itu ada beberapa ikhtilaf para ulama yang menerangkan tentang bahasan tersebut, ada yang menyatakan enam hari, ada juga yang menyatakan puasa syawal hanya 5 hari,

Dari pernyataan para ulama di atas tadi semuanya benar, kita tidak boleh menyalahkan dengan apa yang tidak cocok dengan pilihan kita, antara enam atau lima hari semuanya mendapat pahala keutamaan puasa syawal, yang tidak mendapat pahala itu yang tidak melaksanakannya, namun untuk menyempurnakan laksanakanlah selama enam hari, lalu bagaimana dengan waktu melaksanakannya? dalam waktu melaksanakannya sebaiknya laksanakanlah berawal pada tanggal ke dua di bulan syawal secara berturut-turut.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Puasa Sunnah Di Bulan Syawal

Pada pembahasan selanjutnya laksanakanlah puasa syawal sesuai sunnah, dalam artian harus lengkap dalam melaksanakannya, yakni harus terlebih dahulu di awali dengan melaksanakan niat dengan sempurna sesuai cara melaksanakan niat-niat puasa sunnah lainnya seperti niat puasa senin kamis atau lain sebagainya.

namun beda dalam bacaan niatnya, berikut di bawah ini akan kami tuliskan untuk bacaan lafadz niat puasa sunat syawal di tulis dengan lengkap dalam bahasa arab, latin dan arti bacaannya, dan akan kami tuliskan juga untuk keterangan hadits yang menerangkan tentang keutamaan puasa sunnah syawal.

Dalam bahasa arab :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

Dalam tulisan latin :

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'ANSITTATIN MIN SYAWAALI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :
"Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena walAllah"

Adapun untuk Dalil/hadits yang menerangkan mengenai keutamaan berpuasa pada bulan syawal yaitu :

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة

Artinya :
"Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah)"

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة

Artinya :
"Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh. (HR. Nasa'i)"

Itulah tadi sekilas pembahasan dari kami mengenai doa niat puasa syawal atau tata cara puasa syawal, semoga apa yang kami sampaikan di atas ada manfaatnya, khususnya bagi kami dan umumnya bagi kita semua yang senantiasa menyempatkan waktu untuk berkunjung pada artikel ini, dan semoga kita semua senantiasa selalu melaksanakan puasa sunat tersebut pada waktunya, kami mohon pamit dan mohon maaf dari segala kekurangannya Sekian dan Terimakasih.