-->

Bacaan Doa Qunut Pendek Sholat Shubuh Lengkap Arab Latin Artinya

Bacaan Doa Qunut Sholat Shubuh Pendek Lengkap Arab Latin Artinya - Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh Dalam kesempatan ini kami akan sedikit membahas bahasan tentang doa qunut atau doa qunut mp3, shubuh dan di dalamnya akan dilengkapi dengan bacaan doa qunut shubuh lengkap dalam bahasa arab latin dan artinya karena barangkali diantara sahabat ada yang belum mengetahui bacaan doa qunut ataupun memahami tentang bacaan qunut.

Kita sebagai umat muslim dan khususnya bagi yang bermadzhab dari empat madzhab salah satunya madzhab Imam Syafi'i di haruskan untuk selalu melaksanakan qunut diantara satu dari lima waktu shalat yaitu pada sholat shubuh, melaksanakan doa qunut pada umumnya di laksanakan pada waktu sholat shubuh yaitu saat rakaat kedua di baca ketika i'tidal sehabis membaca doa i'tidal sebelum berlangsung kepada sujud' maka laksanakan membaca doa qunut dengan mengangkatkan kedua tangan sebagaimana kita berdoa.

Adapun untuk hukum dalam melaksanakan doa qunut, suatu hari ada seseorang bertanya doa qunut wajib atau sunat? nah untuk jawabannya pendapat ulama jumhur dua dari empat a'imatilmuztahidin (Imam Muztahid) khususnya Imam Syafi"i dan Imam Maliki hukum doa qunut yaitu sunat mu'akad dalam artian sunat yang dikuatkan sehingga apabila lupa mengerjakannya diharuskan untuk melaksanakan sujud syahwi, sedangkan menurut madzhab imam Hambali mensunatkan hanya untuk imam atau pemimpin sholat, dan madzhab imam Hanafi berpendapat tidak menyunatkan qunut shubuh.

Bacaan Doa Qunut Sholat Shubuh Pendek Lengkap

Mengenai bacaan doa qunut yang akan kami sajikan sebagaimana pada judul diatas berikut dibawah ini akan kami tuliskan mengenai bacaan doa qunut pendek dan terjemahan, baik itu doa qunut untuk imam atau untuk shalat sendiri/munfaridz, namun ada sedikit perbedaan pada bacaan imam dan pada bacaan saat munfaridz hanya pada dzomirnya saja yang membedakan antara untuk sendiri atau untuk orang banyak sebagai imam, apabila sendiri dibacanya Allah hummah dinii, dan apabila jadi imam maka di bacanya Allah hummah dinaa dan seterusnya di setiap kalimat rujuk kembalikan tergantung kita sebagai imam atau sholat sendiri.

Doa Qunut Bahasa Arab :

ََاَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa Qunut dalam tulisan latin :

Allah hummah dinii fiiman hadait. Wa'aa finii fiiman 'aafait. Watawallanii fiiman tawal-laiit. Wabaariklii fiimaa a'thait. Waqinii syarramaa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik. Wainnahu laayadzilu man walait. Walaa ya'izzu man 'aadait. Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait. Falakalhamdu 'alaa maaqadhait. Astaghfiruka wa'atuubu ilaik. Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya :
Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami


Dan untuk doa qunut ada juga doa qunut sholat witir yaitu dilaksanakan ketika sholat witir sehabis sholat teraweh laksanakan pada shalat witir di rakaat terakhir pada bulan ramadhan yakni dilaksanakan dari pertengahan ramadhan hingga teraweh terakhir menjelang lebaran Idul Fitri, ada juga doa qunut nazilah yakni doa qunut mendoakan saudara kita yang sedang tertimpa musibah, dan itulah diatas sekilas pembahasan mengenai doa qunut sholat shubuh semoga apa yang kami sampaikan ada manfaatnya mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang tentu saja tidak disengaja atau karena kebodohan saya sendiri, sekian dan terimakasih.