-->

Bacaan Niat Tata Cara Tuntunan dan Doa Sholat Tahajud Lengkap

Bacaan Niat Tata Cara Tuntunan dan Doa Sholat Tahajud Lengkap - Assalamu'alaikum. Setelah kami membahas mengenai bacaan doa sholat tahajud pada artikel sebelumnya kini akan kami tuliskan dan akan kami sedikit bahas juga untuk bacaan niat sholat tahajud, Sholat sunat tahajud adalah salah satu sholat sunat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dan diutamakan pahalanya, maka kita selagi sempat, selagi mampuh marilah kita sama-sama kerjakan sholat tahajud secara istiqomah.

Seperti pada umumnya telah kita ketahui sholat tahajud di tentukan waktu pelaksanaannya yakni di kerjakan ketika malam hari lebih utama terhitung dari satu pertiga malam, dan hendak didahului dengan tidur malam walau hanya sekejap, sholat tahajud memiliki keutamaan yang sangat besar, di dalam hadits atau keterangan-keterangan banyak sekali penjelasan tentang keutamaan sholat tahajud.

Beruntunglah jika anda salah seorang yang selalu istiqomah mengerjakan sholat sunat tahajud karena hanya orang-orang yang sholeh, taat kepada Allah yang mampuh mengerjakan sholat tahajud tersebut, Mengapa tidak karena di tengah yang lain lelapnya tidur malam, ia mampuh melawan ngantuknya malam hari, dia mampuh menahan dinginnya ketika tertidur lelap harus bangun untuk wudhu kemudian melaksanakan qiyamulail sholat tahajud, dan mengerjakan sholat sunat lainnya yang hendak di kerjakan pada waktu tersebut, kemudian bermunajat dzikir dan memanjatkan sebuah doa sesudah sholat tahajud.

Bacaan Niat Tata Cara Tuntunan dan Doa Sholat Tahajud Lengkap

Mengenai jumlah rakaat pada sholat tahajud ada beberapa pendapat menurut madzahibul arba'ah atau biasa kita sebut empat madzhab, ke empat madzhab berpendapat sholat tahajud sedikitnya dikerjakan sebanyak dua raka'at, untuk batasan banyaknya menurut imam madzhab Syafi'i dan imam Hambali tidak ada batasan banyaknya, boleh di kerjakan berapa rakaat saja namun menurut Imam Maliki maksimal dikerjakan sebanyak sepuluh atau dua belas raka'at dan satu kali salam setiap dua rakaat, berarti untuk dua belas rakaat enam kali salamannya.

Dalam Tata cara melaksanakannya sama seperti melaksanakan sholat sunnat pada umumnya, dan sebaiknya di lanjutkan untuk dzikir dan doa sesudah sholat tahajud, membaca ayat suci Al-Qur'an atau amalan baik apa saja yang kita bisa dan kita hafal bacalah sebanyak-banyaknya, setelah selesai sebaiknya tidak kembali tidur tetapi terus membaca amalan hingga adzan shubuh di lanjutkan sholat fajar atau qobliyah shubuh sebelum berlangsung menunaikan Sholat shubuh, nah berikut dibawah ini untuk bacaan niat sholat tahajud lengkap arab, latin dan artinya.

Bahasa Arab :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Tulisan Latin :
Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqhbilal qiblati lillahi ta’ala

Artinya :
"Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala"

Meski sudah kami tulis pada artikel sebelumnya untuk doa sholat tahajud tetapi tidak ada salahnya jika kami tulis kembali disini untuk bacaann doa setelah sholat sunat tahajud di lengkapi dengan bahasa arab, latin dan juga artinya.

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Itulah sekilas artikel dari kami mengenai niat sholat tahajud, semoga yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk senantiasa diamalkan secara istiqomah, sekian dan terimakasih atas kunjungannya Wassalamu'alaikum Wr,Wb. Untuk diketahui pencarian yang paling banyak dicari terkait sholat tahajud : niat sholat tahajud, cara dan bacaan sholat tahajud, tata cara dan doa sholat tahajud, sholat tahajud, niat tahajud, bacaan niat dan tuntunan sholat tahajud.