-->

Lafadz Bacaan Doa Sebelum makan dan Sesudah Makan/minum Lengkap

Lafadz Bacaan Doa Sebelum makan dan Sesudah Makan/minum Lengkap - Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan menuliskan untuk bacaan doa sebelum makan, doa setelah selesai makan dan minum, karena salahsatu adab atau tatakrama baik yang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari yakni berdoa ketika kita akan hendak makan, makanpun merupakan kebutuhan kita sehari-hari maka dari itu kita dianjurkan memanjatkan sebuah doa ketika akan memulai makan dan membacakan doa kembali ketika selesai makan.

Masih ingatkah sejak kecil dulu pelajaran doa apa yang pertama kali orang tua ajarkan kepada kita, pasti diantaranya ialah mengajarkan doa sebelum makan, begitu juga untuk kita sebagai generasi dari orang tua kita janganlah meninggalkannya untuk mewariskan kepada anak cucu kita, jangan sampai mereka dibiarkan tidak mengetahui akan doa-doa dasar yang sangat penting bagi penerapan sejak dini untuk dijadikan kebiasaan ketika beranjak dewasa.

Tidak hanya doa sesudah makan dan minum saja yang penting diajarkan kepada anak-anak kesayangan kita, tetapi ajarkan juga misalnya doa sebelum makan membaca doa sebelum minum dan sesudah minum, membaca doa sebelum dan sesudah tidur, doa sebelum dan sesudah belajar, doa ketika masuk dan keluar rumah dan lain sebagainya masih banyak kumpulan doa penting sebagai pembelajaran dasar agar mereka terbiasa dengan bacaan-bacaan doa tersebut.

Lafadz Bacaan Doa Sebelum makan dan Sesudah Makan/minum Lengkap

Berikut di bawah ini akan dituliskan bacaan doa sebelum/sesudah makan dan minum sesuai sunnah lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin beserta artinya agar bisa di catat ulang untuk di hafalkan, dan agar mudah di fahami oleh siapa saja baik anak-anak, remaja ataupun orang dewasa, dan akan kami tuliskan juga untuk lafadz bacaan doa sesudah minum karena hampir kita lupakan juga dalam ketika berdoa sesudah minum.

Bacaan Doa Sebelum Makan Bahasa Arab :

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Tulisan latin :
ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR

Artinya :
"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka".

Bacaan Doa Setelah/Sesudah Makan Lengkap Bahasa Arab :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Tulisan Latin :
ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN

Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam".

Bacaan Doa Sesudah/Setelah Minum Lengkap Dalam Tulisan Arab :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Tulisan Latin :
ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA'ALAHUU 'ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami".

Dengan berdoa ketika akan melakukan hal apa saja yang baik merupakan ajaran terbaik baik bagi semua orang muslim, begitu juga doa mau makan atau doa sebelum makan yang termasuk doa dianjurkan untuk senantiasa selalu kita amalkan pada waktunya, semoga yang saya tuliskan diatas dapat bermanfaat untuk di manfaatkan bagi saudara-saudara kami dimanapun berada, sekian dan terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa cari juga untuk doa-doa penting lainnya, silahkan ketik pada kolom pencarian diatas.