-->

Lafadz Bacaan Niat Doa Tata Cara sholat tasbih Lengkap Arab Latin

Lafadz Bacaan Niat Doa Tata Cara sholat tasbih Lengkap Arab Latin - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Sholat tasbih adalah salah satu sholat yang hukum shalat tasbih sunat, akan tetapi shalat tasbih sangat utama untuk di kerjalan, sholat tasbih memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar, dan sholat tasbih lebih utama di kerjakan secara sendiri saja, Namun jika sahabat mengerjakannya secara di berjamaahkan sebaiknya dengan bermaksud pembelajaran terhadap orang di sekeliling anda yang belum memahami terkait sholat tasbih tersebut.

Adapaun keutamaan yang terkandung dalam pelaksanaan sholat tasbih yakni dalam sebuah hadist di terangkan yang di kutif oleh seorang ulama Syekh Said bin Muhammad Ba’asyin dalam Busyral Karim bi Syarhi Masa’ilit Ta’lim halaman 260-261 juz I “Rasulullah SAW mengajarkan Sayidina Abbas RA (pamannya) sholat tasbih. Kepadanya, Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan besar dalam sembahyang tasbih, diantaranya ialah ampunan dari Allah SWT, sebesar apapun dosamu yang di ibaratkan dengan gundukan pasir niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu.

Tentu saja sholat tersebut sangat diutamakan keajaiban sholat tasbih, untuk itu hendaklah kita sempatkan untuk mengerjakan shalat tasbih, dalam hadist lain menerangkan sholat tasbih hendaklah dikerjakan jika mampuh sekali dalam sehari, jika tidak mampuh sehari sekali maka laksanakanlah sekali dalam seminggu, jika masih belum mampuh laksanakanlah satu kali dalam sebulan, apabila dalam sebulan sekali belum mampuh juga maka hendaklah melaksanakannya satu kali dalam setahun, namun jika dalam setahun masih belum mampuh maka hendaklah menunaikannya sakali dalam seumur hidup.

Lafadz Bacaan Niat Doa Tata Cara sholat tasbih Lengkap Arab Latin

Keterangan diatas menunjukan bahwa sholat tasbih sangatlah penting untuk di tunaikan dalam kehidupan. Bertasbih atau membaca kalimat tasbih sangat baik untuk kita amalkan dalam amalan sehari-hari, begitu juga di dalam sholat tasbih kita memperbanyak bacaan tasbih yang jumlahnya sampai 300 kali bacan tasbih, dan tata cara dalam melaksanakan shalat tasbih sama saja seperti melaksanakan sholat pada umumnya.

Akan tetapi dalam setiap rakaat dan gerakan shalat ada tambahan dengan membaca bacaan tasbih seperti yang di tulis pada paragraf sebelumnya bahwa jumlahan bacaan tasbih dalam sholat tasbih yaitu 300 kali, dan untuk jumlahan rakaat sholat tasbih yaitu empat rakaat, di setiap rakaat bacaan tasbih dibaca sebanyak 75 kali yang di bagi bagi dalam gerakan sholat, adapun untuk bacaan tasbih yang harus dibaca yaitu :

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi

Cara Pembacaan Kalimat Tasbih pada Sholat Tasbih :

1. pada selesai membaca surat al fatihah dan membaca surat dari Al-Qur'an atau bacalah surat surat surat alhasyri, surat shoff, alhadiid, dan surat attaghoobun kemudian membaca tasbih sebanyak 15 kali.

2. Ruku dan membaca kalimat Tasbih sebanyak 10 kali

3. I'tidal dan membaca tasbih 10 kali

4. kemudian sujud dan membaca Tasbih sebanyak 10 kali

5. Duduk diantara sujud dua lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali

6. sujud kedua dan membaca Tasbih sebanyak 10 kali

7. Duduk sebelum bangun untuk berdiri membaca tasbih 10 balikan, atau pada rakaat terakhir sebelum uluq salam

Dan seterusnya pada rakaat kedua ke tiga dan keempat, perlu diketahui juga bahwa sholat sunat tasbih di kerjakan sebanyak empat rakaat, bisa dua kali salam dalam artian dua rakaat-dua rakaat atau satu salaman (empat rakaat dalam satu kali salaman, berikut di bawah ini kami tuliskan untuk bacaan niat shalat tasbih lengkap dalam bahasa arab latin dan artinya.

Niat Sholat Tasbih Dua Rakaat :

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى

USHOLLII SUNNATA TASBIHI RAKATAEINI LILLLAAHI TA'ALA

Artinya:
"Niat aku shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah"

Bacaan Niat Sholat Tasbih Empat Rakaat :

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال

USHOLLII SUNNATA TASBIIHI ARBA'A RAKAATIN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya:
"Niat Aku shalat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah"

Setelah selesai melaksanakan Shalat Tasbih di lanjutkan membaca doa sholat tasbih, berikut doanya :


اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ,اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرُ.والصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ والحَمْدُ للهِ رَبِّالعَالَمِيْنَ

Artinya :
”Ya Allah aku meminta padaMu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang
Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta padaMu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan padaMu, sehingga dengan taat padaMu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridloMu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan padaMu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepadaMu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya”.


Semoga saja kita senantiasa selalu istiqomah mengerjakan sholat tasbih, dalam artian tasbih memuji kepada Allah, selain itu juga kita harus berbanyaklah mendawamkan kalimat tasbih. Itulah sekilas artikel yang dapat kami sampaikan terkait doa, niat, keajaiban, manfaat, hukum, waktu dan tata cara sholat tasbih, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat, kami minta maaf dari segala kekurangannya sekian dan terimakasih Wassalamu'alaikum Wr,Wb.